Home Budidaya Budidaya Ikan Gurame Dengan Benar

Budidaya Ikan Gurame Dengan Benar

0
Budidaya Ikan Gurame Dengan Benar

Jenis-jenis Ikan Gurame Yang Banyak Beredar

Berikut adalah Jenis gurame yang sering dijadikan usaha budidaya ikan gurame di Indonesia.

1. Gurame Soang

Budidaya Ikan Gurame Soang

Gurame Soang adalah salah satu jenis yang populer di indonesia. Ikan ini memiliki kening kepala yang sedikit menonjol seperti ikan louhan ketika umurnya sudah dewasa. Ikan ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat dengan nama lain gurame angsa.

Bentuk tubuh gurame soang pipih memanjang, warna sisik tubuhnya kombinasi putih dan hitam. Gurame soang pada usia yang masih muda memiliki warna kemerahan pada bagian ekornya dan perlahan menghilang ketika mulai tumbuh dewasa.

Ikan gurame ini juga menjadi incaran pemancing karena dapat berukuran besar dan bobotnya bisa menjapai 9kg.

2. Gurame Bastar

Budidaya Ikan Gurame Bastar

Dalam Budidaya ikan Gurame, Jenis Bastar merupakan salah satu yang paling cepat dan mudah untuk dikembang-biakkan. Ikan ini memiliki sisik abu abu dengan diselingi warna gelap.

3. Gurame Padang

Budidaya Ikan Gurame Padang

Gurame ini memiliki kelebihan dalam hal perkembang biakan yang sangat cepat. Dalam sekali proses pemijahan, Gurame padang dapat menghasilkan sekitar 3000 butir telur. Ikan ini berasal dari wilayah Padang dan merupakan hasil perkawinan silang dari jenis gurame lainnya.

4. Gurame Paris

Budidaya Ikan Gurame Paris

Gurame paris menghasilkan telur hampir dua kali lipat dalam sekali proses pemijahan dibandingkan dengan Gurame Padang. Ikan ini juga memiliki warna yang Pink lembut seperti gurame padang sehingga keduanya kerap dijadikan ikan hias oleh pecinta aquarium.

5. Gurame Porselen

Budidaya Ikan Gurame Porselen

Ikan ini memiliki warna yang cantik dan glossy sehingga disebut jenis Gurame Porselen. Dalam bisnis Budidaya ikan gurame, jenis ini merupakan yang paling disukai dan memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan jenis gurame lainnya.

6. Gurame Batu

Budidaya Gurame Batu

ikan ini biasanya dijadikan ikan hias karena permintaan untuk konsumsinya terus menurun dibandingkan jenis gurame yang lain. Banyak peternak ikan lebih memilih melakukan budidaya ikan gurame jenis lain yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Gurame batu dikenal memiliki sisik dan sirip lebih keras dan tekstur daging yang agak berbeda dengan jenis lainnya.

7. Gurame Jepun

Budidaya Ikan Gurame Jepun

Dibandingkan dengan jenis lain, ikan ini tergolong paling lambat untuk tumbuh besar. Namun demikian, peternak ikan masih banyak yang terus membudidayakan jenis gurame jepun ini.

8. Gurame Kapas

Budidaya Ikan Gurame Kapas

Gurame ini memiliki warna putih keperakan terlihat seperti warna kapas dengan sisik yang lebar dan keras/kasar. Pertumbuhan ikan gurame ini cukup cepat, ikan ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai 1,5 kg.

9. Gurame Bluesafir

Budidaya Ikan Gurame Blue Safir

Jenis gurame ini memiliki warna hitam kemerahan, hampir sama dengan gurame lain yang terlihat kemerahan. Ikan gurame bluesafir dapat mencapai panjang maksimal sekitar 35 cm dan berat sekitar 4 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here